Pilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan?

Seiring zaman emas terus berkembang menjadi salah satu bentuk investasi yang menjanjikan. baik itu perhiasan atau batangan (logam mulia). Nah salah satu daya tarik investasi emas adalah harganya yang cenderung stabil. Jadi bisa dibilang kamu gak perlu takut harganya jatuh. Tapi pernah gak sih muncul dibenakmu kira-kira produk investasi emas apa ya yang paling menguntungkan?. Investasi emas batangan atau perhiasan? Sebelum mengambil keputusan, lebih baik simak yuk plus minus investasi emas batangan berikut ini:

  1. Investasi Emas Perhiasan 

Perhiasan emas memang sangat menarik terutama bagi wanita karena dapat menunjang penampilan. Makanya gak heran kalau banyak yang memilih perhiasan emas karena memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai aksesoris dan investasi. Akan tetapi tetap saja kamu harus mempertimbangkan untung ruginya terlebih dahulu, antara lain:

a. Biaya pembuatan perhiasan emas 

Jadi, saat membeli perhiasan emas kamu gak hanya dikenakan biaya kadar emasnya aja. Tetapi juga biaya-biaya pembuatannya. Itu berarti kamu akan mengeluarkan biaya ekstra. Umumnya, besar biaya pembuatan perhiasan emas yang dikerjakan oleh perajin rumahan sekitar 15-20 persen dari total harga emas. Bahkan perajin kelas atas untuk toko perhiasan terkenal bisa mencapai 30 persen. Nah, kebayang gak sih berapa biaya ekstra yang harus kamu keluarkan untuk membeli perhiasan emas?.

b. Harga cenderung turun 

Perhiasan emas juga harganya cenderung menurun. Jadi kamu jangan kaget saat menjual perhiasan emas, harganya gak jauh lebih tinggi dibanding saat membelinya dulu. Itu berarti kamu gak memperoleh keuntungan dong. Tapi jangan berkecil hati dulu, pasalnya kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan cara membeli perhiasan emas disaat harga lagi turun dan menjualnya kembali disaat sedang tinggi. cuma ya, kamu jangan mengharapkan keuntungan yang besar.

c. Perhiasan emas palsu 

Perhiasan emas memang dapat dengan mudah kamu dapatkan, karena banyak toko yang menjualnya baik di pusat perbelanjaan modern maupun tradisional. Sayangnya, hal itu membuatmu harus ekstra hati-hati untuk tidak membeli perhiasan emas disembarang tempat. Kalau gak, bisa aja kamu malah beli perhiasan emas palsu. aaiiih… jangan sampai ya. Meski begitu kamu tetap bisa menjadikan perhiasan emas sebagai salah satu bentuk investasi lho. Selain bisa disimpan sebagai tabungan fisik, perhiasan emas juga bisa digunakan sebagai dana cadangan jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya.

2. Investasi Emas Batangan 

Selain perhiasan emas, akhir-akhir ini banyak orang yang beralih memilih emas batangan sebagai investasi. Meski gak bisa digunakan sebagai aksesoris untuk mempercantik diri, emas batangan lebih menguntungkan untuk investasi. Meski dijual juga di toko perhiasan emas, tapi disarankan agar kamu membeli emas batangan di Pegadaian atau PT Aneka Tambang (Antam) untuk menjamin keamanannya. Saat membeli emas batangan kamu juga akan disertai dengan sertifikat keaslian yang berisi informasi penting seperti nomor id, berat, ukuran, dan tingkat kadarnya. Gak hanya terjamin keamanannya, membeli emas batangan di Antam dan Pegadaian juga terjamin kualitasnya. Sebenarnya membeli di luar dua tempat itu juga masih terjamin kualitasnya asalkan segel tidak rusak, apalagi sekarang sudah ada aplikasi untuk mengecek keaslian emas batangan Antam, nama aplikasinya Certi App dan bisa didownload melalui gadget.

Pilihannya mulai dari 1-1000 gram dengan kadar emas mencapai nyaris 100 persen. Selain itu, emas batangan juga gak terkena pajak pertambahan nilai sebesar 10 persen. Emas batangan memang sangat cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Tapi dengan catatan, kamu menjualnya disaat yang tepat yaitu di saat titik jual tertinggi.

Hal itulah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk investasi emas batangan karena dianggap lebih menguntungkan. Apa yang kamu pilih gak ada salahnya kok, karena bail investasi emas batangan dan perhiasan emas memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Semoga membantu.

Source: https://www.moneysmart.id

Eki Yuningsih Sulistyowati

Assalamu alaikum... Sy Eki, distributor resmi Mini Gold dari Kebon Jeruk Jakarta Barat. Saya bergabung dgn Mini Gold krn saya ingin menjadi bagian dari generasi emas yang turut "mengemaskan" Indonesia. Saya ingin ikut andil dlm misi "Semua Bisa Punya Emas", dengan hadirnya Mini Gold, saya yakin semua lapisan masyarakat tanpa kecuali bisa memiliki emas dan stigma bahwa emas batangan hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang akan hilang. Yang mau kepo-kepo, silakan hubungi saya di nomor 0812-8768-2170 atau di IG: minigold_kebonjeruk atau di FB: minigold_kebonjeruk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *